Tips Aman Terbang Saat Hamil

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share


        Bagi sebagian ibu hamil ada yang diharuskan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, baik karena tuntutan pekerjaan ataupun hal lainnya. Namun apakah terbang saat hamil itu diperbolehkan dan aman bagi janin?
    Wanita hamil diperbolehkan berpergian menggunakan pesawat, asalkan tidak mengalami masalah kesehatan serius bagi ibu dan janinnya. Dan ada baiknya, untuk memperhatikan hal-hal berikut jika Anda merencanakan terbang saat hamil :
  • Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan perjalanan jarak jauh atau memakan waktu lebih dari enam jam.
  • Hindari melakukan perjalanan menggunakan pesawat ketika hamil muda (trisemester pertama). Pada usia kehamilan ini kondisi Anda masih lemah dan sering mengalami morning sickness.
  • Tunggulah sampai usia kehamilan menginjak 14-27 minggu untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Pada usia ini, kondisi ibu hamil dianggap lebih siap dan fit untuk berpergian jauh.
  • Hindari juga berpergian menggunakan pesawat ketika usia kehamilan memasuki trisemester ketiga. Usia kehamilan ini cenderung beresiko dan kemungkinan terjadinya berbagai komplikasi kehamilan cukup besar.
  • Ajaklah seseorang untuk menjaga dan menemai Anda selama perjalanan.
  • Kencangkan sabuk pengaman di bagian bawah pinggang agar tidak menekan perut.
  • Cegah penyumbatan darah dengan berdiri setiap 30 menit sekali untuk peregangan otot kaki dan pinggang.
  • Ketika membeli tiket, lebih baik memilih kursi yang tidak terlalu jauh dari toilet sehingga mempermudah Anda ketika harus kapanpun ingin pergi ke toilet.
  • Jika harus melakukan perjalanan menggunakan pesawat, pastikan Anda mengonsumsi banyak air putih agar tidak dehidrasi. Ketika pesawat berada di ketinggian tertentu, kabin pesawat kelembabannya akan semakin rendah sehingga pasokan oksigen pun tidak sebanyak seperti di darat. Hindari mengonsumsi teh, kopi atau soda karena bisa menyebabkan perut kembung.
  • Hindari menggunakan pakaian terbuat dari karet terutama di bagian pinggang atau perut. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan hangat.
      Terpenting dalam diperbolehkan atau tidaknya terbang saat hamil adalah mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk memastikan kondisi Anda dan janin sehat untuk melakukan perjalanan. Jika dokter mengijinkan, jangan lupa membawa rekam medis kehamilan karena bisa saja dibutuhkan selama perjalanan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar