Olahraga Selama Puasa? Kenapa Tidak

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share



Berpuasa di bulan suci ramadhan bukan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Justru dengan Anda bermalas-malasan akan membuat tubuh lemas terus. Mending olahraga yuk! boleh lho berolahraga saat berpuasa, bikin tubuh makin fit. Cobain yuk olahraga ringan ini dan perhatikan juga beberapa hal berikut ini sebelum Anda olahraga.


Waktu olahraga

Itu penting karena akan mempengaruhi tubuh. Perhatikan asupan saat Anda sahur dan berbuka. Pastikan asupan yang masuk ke dalam tubuh mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Ada baiknya mengikuti 
anjuran Rasulullah SAW untuk urusan makanan yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk cairan dan 1/3 untuk udara. Maksudnya sisakan 1/3 ruang di dalam perut untuk udara.

Lakukan sesaat sebelum berbuka: manfaat olahraga sebelum berbuka adalah Anda bisa langsung mengembalikan energi yang digunakan saat berolahraga dentgan makan dan minum secukupnya saat berbuka tiba. 

Anda bisa mencoba jalan kaki dari rumah Anda untuk membeli ta'jil atau makanan berbuka yang letaknya cukup jauh dari rumah Anda. Jika Anda menyukai Yoga, Anda bisa melakukannya.Bersepeda, joging dan 
jalan cepatLakukan olahraga sekitar 2-3 jam sesudah berbuka puasa: Anda bisa melakukan olahraga yang sedikit lebih berat atau Anda bisa berolahraga seperti saat Anda tidak berpuasa. Misalnya bermain futsal, ngegym atau berenang.

Jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga, ada baiknya Anda melakukan 3 kali seminggu terlebih dahulu untuk pemanasan. Jika sudah terbiasa, lakukan minimal 2 hari sekali.

Jadi, jangan lagi berkilah bahwa puasa menghalangi olahraga ya. Selain pahala dari Allah, Anda dapat bonus tubuh lebih bugar dan fit selama puasa ramadhan.

Salam sehat!


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar