Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan - Dari beragam penelitian teh hitam dan teh hijau diketahui memiliki beragam khasiat hebat. Diantaranya antioksidan, anti inflamasi dan bisa menangkal virus. Jika diminum rutin teh hijau bisa memberikan dampak positif untuk menjaga kesehatan.

Ini dia lima manfaat dari minum teh hijau.

Teh Hijau
Teh hijau (Foto: Thinkstock)
1. Mulut dan Gigi Lebih Sehat

Seiring dengan fluoride alami, polifenol, dan katekin yang ditemukan dalam teh, ternyata teh dapat membunuh bakteri yang menyababkan kerusakan gigi, bau mulut, dan penyebab penyakit gusi. Sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, menemukan bahwa mengonsumsi satu cangkir atau lebih teh hijau dalam sehari, dapat menurunkan resiko kerusakan gigi.


2. Tulang Sehat

Mengonsumsi teh secara rutin, terutama selama lebih dari 10 tahun, telah dikaitkan dengan penurunan risiko patah tulang karena osteoporosis. Diperkirakan bahwa teh dapat membantu mengurangi keropos tulang melalui antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu, teh hijau juga dapat menekan kerusakan tulang dengan meningkatkan jumlah dan aktivitas sel yang dibangun.


3. Menurunkan Berat badan

Katekin yang terdapat dalam teh ternyata dapat membuat thermogenesis, produksi panas dalam tubuh, yang berhubungan dengan pembakaran kalori. Dalam sebuah penelitian, peserta yang minum empat cangkitr teh per hari, memiliki oksidasi lemak yang sangat tinggi, yaitu 12% dan membakar rata-rata 67 kalori tambahan per hari. Minumlah tiga cangkir teh hijau sehari untuk meningkatkan metabolisme tubuh.


4. Mencegah Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa teh bermanfaat dalam mencegah kanker, seperti kanker prostat, pankreas, payudara, kolorektal, esofagus, paru-paru, dan kandung kemih. Katekin dalam teh dapat mencegah mutasi sel, menonaktifkan karsinogen tertentu, dan mengurangi pembentukan dan pertumbuhan tumor. Minumlah empat cangkir teh hijau per hari untuk mendapatkan manfaat antikanker.


5. Kesehatan jantung

Mengonsumsi teh juga berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh minimal satu cangkir sehari, membuat risiko 44% lebih rendah terkena serangan jantung.

Anda sekarang sudah mengetahui Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog ini.

Penulis : Mutiara Adistie Putri
Sumber : detikFood (Kamis, 16/08/2012 10:57 WIB)





{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar