Sifat Gerak Otot Manusia

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Sifat Gerak Otot pada Manusia - Sebuah otot mampu menarik atau berkontraksi dengan kuat, namun tidak dapat memanjang dan mendorong dengan kuat. Karena itu, otot bekerja secara berpasangan, yaitu pasangan berlawanan atau gerak antagonis. Satu otot menarik tulang menjauh, sementara pasangan otot lainnya menarik otot ke arah yang berlawanan. Pasangan otot ini akan bekerja sama dengan berbagai pasangan otot yang lain sebagai kelompok besar otot atau sistem gerak pasif. Sebagai contoh, otot bisep dan otot trisep. Saat otot bisep berkontraksi memendek, maka otot trisep berelaksasi/memanjang (disebut juga gerak ekstensi). Sebaliknya, saat otot trisep berkontraksi, otot bisep berelaksasi. Dengan demikian, otot bisep dapat kita sebut sebagai fleksor dan otot trisep sebagai ekstensor. Cermati sifat gerak otot bisep dan trisep pada Gambar 1.


Gerak berlawanan pada otot bisep dan trisep
Gambar 1. Gerak berlawanan pada otot bisep dan trisep
Selain bekerja secara berlawanan, otot dapat bekerja secara sinergis sehingga saling menunjang. Misalnya, otot-otot tulang rusuk yang bekerja sama saat kita melakukan pernapasan.

Anda sekarang sudah mengetahui Sifat Gerak Otot Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Blog ini

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar