Tips Perawatan Murai Batu Ketika Mabung

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
GB. Tips Perawatan Murai Batu Ketika Mabung - Ganti bulu (mabung) pada semua jenis burung memang sudah hal yang biasa dialami, pasti itu akan terjadi. Kondisi saat mabung biasanya burung tersebut jadi bisu untuk bunyi, prosesnya juga lumayan lama untuk bisa beres lagi bulunya. Begitu juga pada burung murai batu, pada saat ganti bulu (mabung) biasanya memiliki tanda - tanda seperti burung terlihat lemas, malas untuk bunyi, memendekan lehernya. Setiap pagi pasti banyak bulu yang berjatuhan, ntah itu bulu kecilnya atau bulu pada sayap dan ekor. 


Tips Perawatan Murai Batu Ketika Mabung
Nah sebelum terjadinya ganti bulu (mabung) usahakan untuk mengkrodong sangkarnya, ingat juga dalam keadaan mabung jangan dimandikan dulu sampai beres proses mabungnya dan yang pling utama jaga selalu kebersihan pada sangkar si burung.

Dalam pemberian pakan jangan disamakan ketika burung lagi gak mabung (fit), memberikan EF kalau bisa 2x lebih banyak dari yang biasa diberikan. Kenapa demikian?? Karena kondisi burung yang lagi mabung sangat membutuhkan nutrisi atau protein lebih untuk memperlancar pertumbuhan bulu-bulu baru yang akan tumbuh. Jangan memberikan EF ulat hongkong, karena itu membuat bulu si burung panas dan efeknya akan rontok terus. Anda bisa menjemurnya ketika pagi banget saat mentari lagi hangat-hangatnya, setelah beberapa menit Anda bisa krodong lagi dan simpan di tempat sejuk dan sepi jauh dari keramaian.

Ketika sore datang Anda bisa membuka krodongnya dan angin-anginkan si burung murai tersebut biar tidak kaku tuh di krodong terus. Saat menjelang malam krodong lagi, bisa juga sambil di master dengan bunyi burung masteran yang cocok untuk murai misalnya suara burung cililin yang ada di handphone Anda (kalau ada). Biasanya dalam keadaan mabung dan ketika di kerodong, burung cepat merespon atau meresap suara apa saja yang didengar di sekitarnya. Apalagi jika tipe burung murai Anda rajin meniru suara burung lain.

Lakukanlah secara rutin perawatan yang teratur, insya Allah murai Anda akan stabil ketika menjalani proses mabung tersebut. Yang harus di ingat juga, jika Anda mempunyai burung murai ada dua ushakan jauhkan dari yang satunya. Jika itu berdekatan takutnya murai yang lagi mabung itu ketakutan dan menjadi drop, karena kondisi mabung itu burung sangat rentan dan lemah. (GB)

Sekian untuk artikel singkat Tips Perawatan Murai Batu Ketika Mabung, semoga bermanfaat!! 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar