Berbagai Manfaat Kulit Pisang

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Berbagai Manfaat Kulit Pisang. Pisang, buah yang umumnya berkulit kuning mulus ini memiliki nama latin Musa paradisiaca. Pisang adalah salah satu tumbuhan yang keseluruhan bagiannya sangat bermanfaat mulai dari daun, batang dan buah. Siapa yang mengira ternyata keseluruhan buah pisang pun sangat bermanfaat, tak hanya buahnya, kulit buah pisang ternyata memiliki sifat antibiotik dan antijamur. Didalam kulit buah terkandung berbagai macam vitamin, serat dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan kulit pisang. Pada dasarnya manfaat kulit pisang tak kalah dengan buahnya. Didalam kulit pisang mengandung banyak senyawa yaitu vitamin C, vitamin B, karbohidrat, kalium, kalsium, lutein, anti-oksidan, protein, air, lemak dan berbagai macam vitamin B kompleks yang terdiri atas vitamin B6, serat, minyak nabati, serotonin dan masih banyak lagi. Dari berbagai senyawa tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan ternyata kulit pisang pun sangat bermanfaat sebagai sumber energi alternatif. Mau tahu manfaat lain kulit pisang??? yukk simak penjelasan berikut.


  • Pembangkit mood. Zat serotonin adalah zat yang bertanggung jawab terhadap mood dalam tubuh dan pikiran seseorang yang bersifat bahagia. Didalam kulit pisang mengandung zat serotonin sehingga apabila dikonsumsi maka akan membantu memberikan rasa bahagia dan rileks. 
  • Pereda rasa nyeri. Kandungan senyawa dalam minyak nabati pada kulit pisang memiliki khasiat sebagai pereda rasa nyeri. Untuk mendapatkan khasiatnya, hanya perlu menempelkan kulit pisang yang masih segar dan bersih pada luka gores atau luka bakar.
  • Mengurangi rasa gatal. Kulit pisang dapat mengurangi rasa gatal. Cara yang dapat dilakukan adalah menempelkan kulit pisang pada bagian yang gatal akibat gigitan serangga atau nyamuk.
  • Mempercepat sembuhnya luka. Selain dapat mengurangi rasa gatal, kandungan enzim dalam kulit pisang juga dapat penyembuhkan luka. Caranya yaitu menggosokkan kulit pisang pada kulit yang mengalami luka.
  • Pemutih alami gigi. Kulit pisang mengandung mineral dan zat pemutih yang berkhasiat memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Obat jerawat. Kulit pisang dapat menjadi salah satu alternatif alami untuk mengobati jerawat. Kandungan antioksidannya mampu menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya yaitu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin dimalam hari.
  • Kecantikan kulit. Dari segi kecantikan, kulit pisang berkhasiat untuk mencerahkan wajah dan membantu kulit wajah agar terlihat lebih bersih. Gunakan kulit pisang sebagai masker wajah, dengan cara menggosokkan secara perlahan bagian dalam kulit pisang pada wajah. Biarkan serat kulit pisang menempel pada wajah. Gunakan masker ketika malam hari. Diamkan masker hingga semalam dan basuh wajah dengan air hangat ketika pagi hari. 

Setelah mengetahui manfaat kulit pisang, mulai dari sekarang jangan pernah lagi membuang kulit pisang. Manfaatkan kulit pisang sebagai obat dan bahan kecantikan. Rasakan hasil dari manfaat dan khasiatnya!!

Semoga bermanfaat informasi Berbagai Manfaat Kulit Pisang

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar